Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Pembelajaran
kooperatif Tipe Jigsaw. Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pertama kali
dikembangkan oleh Aronson.
dkk di Universitas Texas .
Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran
kooperatif, siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang
dengan memperhatikan keheterogenan, bekerjasama positif dan setiap anggota
bertanggung jawab untuk mempelajari masalah tertentu dari materi yang diberikan
dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain.
Keunggulan
kooperatif tipe jigsaw meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap
pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya
mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan
mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompoknya yang lain.Meningkatkan
bekerja sama secara kooperatif untuk mempelajari materi yang ditugaskan
Dalam
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, terdapat kelompok ahli dan kelompok
asal. Kelompok
asal adalah kelompok awal siswa terdiri dari berapa
anggota kelompok
ahli yang dibentuk dengan memperhatikan keragaman dan
latar belakang. Guru harus trampil dan mengetahui latar belakang siswa agar
terciptanya suasana yang baik bagi setiap angota kelompok. Sedangkan kelompok
ahli, yaitu kelompok siswa yang terdiri dari anggota kelompok lain (kelompok
asal) yang ditugaskan untuk mendalami topik tertentu untuk kemudian dijelaskan
kepada anggota kelompok asal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar